in

5 Jenis Tanaman Hias Paling Populer dan Mudah ditanam

tanaman hias

Di Indonesia banyak sekali berbagai tanaman hial yang mudah untuk di tanam di pekarangan ruamah, untuk menanamnya pun tak perlu memiliki keahlian khusus, jadi kamu bisa menanamnya.

Tanaman hias bisa memperindah pekarangan rumah kamu jadi apasalahnya untuk menanmnya, tanaman hias sendiri memiliki banyak jenis, dari jenis yang sangat sulit di dapatkan hingga yang paling pouler atau banyak di tanam orang.

Kali ini kita akan membahas 5 jenis tanaman hias yang mudah di tanam dan umumnya sangat populer di Indonesia.

1 Tanaman Hias Bunga Mawar

pixnio.com

Siapa yang tak kenal jenis tanaman hias satu ini. Mawar merupakan jenis tanaman hias populer favorit dan memiliki tak kurang dari 100 spesies. Dengan variasi warna yang beragam, tak heran bunga mawar kerap jadi pilihan jenis tanaman hias untuk menghiasi rumah.

Sering dikaitkan dengan lambang kasih sayang, warnanya yang mencolok jelas akan menyegarkan tampilan tamanmu.

2.  Tanaman Hias Anthurium

Anthurium red winner (plantern-kopen.com)

Anthurium merupakan tanaman dari keluarga Araceae, ada sekitar 1000 jenis anggota marga anthurium pada keluarga Araceae. Daya tarik tanaman ini ada padadaunnya yang memiliki bentuk yang unik, bervariasi dan indah. Dengan daun yang berwarna hijau tua dengan urat dan tulangdaun yang besar dan menonjol. Tanaman ini juga pernah berharga sampai ratusan juta rupiah pada masa puncak kejayaannya.

3.Tanaman hias Pakis Haji

Pakis haji adalah salah satu tanaman pakis (Cyras) yang sering dijumpai di wilayah Nusantara. Tanaman pakis adalah tanaman asli dari Indonesia yang biasa disebut pakis haji adalah jenis Cyras rumphii. Tanaman ini biasa ditanam sebagai tanaman penghias taman maupun pekarangan rumah dan batangnya mengandung pati yang dapat dimakan.

4. Tanaman Hias Bunga Mentega

bunga mentega wikipedia

bunga mentega atau bunga jepun (Nerium oleander) adalah tanaman perdu anggota keluarga Apocynaceae  yang menghasilkan bunga sepanjang tahun. Bunga jepun berasal dari Afrika bagian utara, bagian timur Mediterania dan juga Asia Tenggara. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada daerah kering beriklim hangat dan dapat dibudidayakan di berbagai daerah .

Bunga mentega merupakan perdu tegak dengan tinggi antara 2–5 m, biasanya tanaman ini dipakai sebagai tanaman hias di taman dan dipinggir jalan. Struktur daunnya mempunyai epidermis atas yang berlapis-lapis.

5. Tanaman Hias Adenium atau Bunga Kamboja

bunga kamboja foto: wikipedia

Adenium atau Kamboja Jepang (nama kamboja jepang sendiri sebenarnya menyesatkan karena dapat diidentikkan dengan kamboja, yang banyak ditemui di areal pemakaman. Sedangkan embel-embel kata jepang seakan-akan bunga ini berasal dari Jepang, padahal Adenium berasal dari Asia Barat dan Afrika) berasal dari daerah gurun pasir yang kering, dari daratan Asia Barat sampai Afrika.

Sebutan di sana adalah Mawar Padang Pasir (desert rose). Karena berasal dari daerah kering, tanaman ini tumbuh lebih baik pada kondisi media yang kering dibanding terlalu basah. Disebut sebagai adenium karena salah satu tempat asal adenium adalah daerah Aden (Ibu kota Yaman).

Masyarakat Indonesia menamakan adenium sebagai kamboja jepang, mungkin dikaitkan dengan stereotipe yang beredar. Contohnya buah-buahan yang besar biasa disebut sebagai Bangkok, sedangkan tanaman yang kecil-kecil biasa disebut Jepang. Oleh karena itu, jika dahulu kala sudah ada kamboja yang sosok tanamannya tinggi besar maka begitu ada tanaman yang sosoknya kecil tapi mirip kamboja, disebutlah sebagai kamboja jepang.

Sebenarnya kamboja adalah jenis Plumeria, kerabat jauh dari Adenium. Beberapa perbedaan antara Adenium dengan Plumeria adalah sebagai berikut.

  • Adenium berbatang besar dengan bagian bawah menyerupai umbi, namun sosok tanamannya sendiri kecil dengan daun kecil panjang. Akar adenium juga dapat membesar menyerupai umbi.
  • Plumeria berbatang kecil memanjang tanpa bentuk umbi, dengan sosok tanaman yang besar dan dapat tumbuh tinggi, dengan bentuk daun panjang dan besar.

Nah itu dia beberapa 5 tanaman hias paling populer di Indonesia

Congklak Salah Satu Jenis Permainan Tradisional

Pengertian Permainan Tradisional dan 5 Jenis Permainan Tradisional serta Manfaatnya Untuk Anak