• in

    Sedih Banget, Cowok ini ditinggal menikah padahal Udah 10 tahun pacaran

    Jodoh memang merupakan rahasia Tuhan. Kehadirannya tak bisa ditebak dan dipastikan. Segala rencana yang sudah kamu persiapkan dengan pujaan hati untuk menata masa depan bersama, bisa saja tak sesuai dengan kenyataan yang sudah menjadi ketetapan Tuhan.

    Kamu pasti sering mendengar cerita orang-orang yang sudah merajut asmara selama bertahun-tahun harus kandas di tengah jalan karena berbagai faktor. Misalnya mereka yang harus merelakan sang mantan meski sudah dipacari bertahun-tahun tapi endingnya harus duduk di pelaminan dengan orang lain.

    Ya, itu artinya seberapa lama kamu menjalin hubungan dengan seseorang, tetap tak bisa dijadikan jaminan untuk bisa melangkah hingga pelaminan.

    Cerita tersebut juga dialami oleh seorang pria yang kisahnya diunggah oleh akun Facebook bernama Tio Ernanda. Dalam unggahan tersebut, akun itu mengunggah beberapa foto perjalanan kisah asmara seorang pria bernama Deddy Setiawan dengan sang pujaan hati yang sudah terjalin sejak tahun 2008 silam.

  • in

    Mbah Arjo Manusia Tertua di Indonesia, 17 Anaknya Sudah Meninggal, Begini Caranya Bertahan Hidup

    Ternyata, banyak orang Indonesia yang usianya lebih dari 100 tahun. Salah satunya, mbah Gotho, pria asal Sragen, Jateng.

    Sebelum tutup usia pada 30 April 2017 lalu, ia sempat merayakan Ultah-nya yang ke-146 tahun.

    Satu lagi, kakek yang dikabarkan usianya tertua saat ini adalah mbah Arjo Suwito.

    Meski tak ada bukti tertulis atau kesaksian orang lain, namun kakek asal Dusun Sukomulyo, Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar ini mengklaim usianya sudah 200 tahun lebih.

    Namun, data di balai desanya, ia tercatat kelahiran 1825.

    Saat ini, ia hidup bersama anaknya, Ginem (53). Katanya, Ginem itu anaknya yang ke-18, dari istrinya yang keenam.

    Sejak tahun 1990-an, mereka tinggal di lereng Gunung Kelud atau tepatnya, di Gunung Gedang.

    Dari puncak Gunung Kelud itu, tempat mbah Arjo berjarak sekitar 10 kilometer.

    Untuk menuju ke lokasi itu, tak mudah karena jalannya cukup sulit, dengan melalui perkebunan pohon Karet, yang masuk wilayah perhutani (BKPH Wlingi).

    Makanya, itu harus ditempuh dengan sepeda motor yang sudah dimodifikasi seperti trail.

    Jika mau ke tempat itu, rutenya harus melalui Kecamatan Talun, kemudian ke arah utara sekitar 12 kilometer yang sudah masuk Kecamatan Gandusari.

    Dari Kecamatan Gandusari itu, harus ditempuh menggunakan sepeda motor trail, dan melalui dua desa.

    Artikel belum selsai Lanjut baca ke Halaman berikutnya…

  • in

    Gini Nih Sepuluh Gambaran Perbedaan Cara Pandang Cewek dan Cowok

    Hmm, jadi gitu!

    Yang namanya cewek dan cowok emang punya banyak perbedaan. Salah satunya dari segi cara mereka melihat hal. Makanya cewek dan cowok sering berselisih dalam banyak hal. Berikut ini beberapa contoh perbedaan antara cewek dan cowok. Nggak semuanya kayak gini sih, tapi banyak cewek dan cowok kayak gini nih!

     

    Pas ngaca

    Cewek cenderung nggak percaa diri sama badannya. Makanya ketika ngaca, banyak cewek ngerasa terlalu kurus atau terlalu gemuk, walaupun sebenarnya badan mereka oke-oke aja. Sebaliknya, cowok justru berasa paling sexy, walaupun badannya udah terlalu kurus atau terlalu gemuk.

    18240510 333360 516153 3 0 1512159939 1512159949 0 1513342952 0 1513352692 1513352695 1500 1 1513352695 650 e6d7db28c4 1514281256

    Urusan baju

    Sementara cewek seneng belanja walaupun baju mereka udah banyak, cowok justru cuma belanja kalo diperluin aja. Kalo belom rusak, nggak akan diganti!

    Ketika pasangan nggak ngerespon pesan

    Cewek biasanya cenderung overthink sama pasangan kalo pesannya nggak dibales. Sedangkan cowok malah lebih santai.

    Sakit

    Mau nyakitin cewek? Patahin hatinya! Mau nyakitin cowok? Tarik bulu kakinya (atau bulu idung)!

    Ketika nonton sepak bola

    Cewek mungkin ngeliat sepak bola sebagai permainan yang agak kasar. Tubruk-tubrukan. Sedangkan cowok ngeliat sepak bola sebagai permainan adu strategi.

    Ketika belanja

    Cewek biasanya ngabisin uang dengan beli baju, sepatu, tas, make up, dan seterusnya. Sedangkan kalo cowok, umur berapapun itu, mereka ngabisin uang dengan beli “mainan.”

    Pas foto-foto

    Ketika foto, cewe punya banyak pertimbangan: angle, pencahayaan, filter yang dipake, dan masih banyak lainnya. Sedangkan kalo cowok? Yang penting fotonya ada aja.

     

    Gimana, lo setuju nggak? Yuk kasih tau pendapat lo di kolom komen!

    Artikel Asli

  • in

    Ikan Hiu ini Tewas Karena Kena sial, Coba lihat Cara ia Mati Gak Biasa banget!

    Sungguh sial hiu ini. Keinginannya untuk segera menyantap mengsanya justru berakhir naas. Ia justru mati tercekik akibat tidak mampu menelan ikan buntal durian lantaran setengah badannya tersangkut di rahang hiu.

    Bangkai keduanya ditemukan pada 21 April 2017 lalu di perairan tropis dekat Maladewa, sebuah negara kepulauan di Samudra Hindia. Bangkai itu kemudian sempat diamati oleh ahli biologi laut independen, Lauren Arthur.

    Arthur mengetahui terdamparnya hiu ini melalui seorang tukang kebun di resor Amilla Fushi di Maladewa yang melihat seekor hiu meronta-ronta di dekat pantai.

    Namun, saat Arthur tiba di sana, hiu itu sudah mati. Dia kemudian mengidentifikasi hiu itu sebagai hiu Lemon dan ikan yang masih berada di rahangnya adalah ikan buntal durian yang masuk dalam keluarga Diodontidae.

    Hiu Lemon (Negaprion acutidens) memang sering berkunjung ke laguna dangkal di Baa Atoll. Perairan itu juga merupakan rumah bagi populasi Diodontidae yang besar.

    Hiu Lemon bisa tumbuh hingga tiga meter dengan berat mencapai 250 kilogram. Namun, spesies yang ditemukan ini masih relatif muda karena berukuran kurang lebih satu meter.

    Sementara itu mangsanya, ikan buntal durian dikenal juga sebagai ikan balon karena tubuhnya yang bisa mengembang saat mereka merasa terancam.

    “Mungkin saat hiu mencoba menelan ikan buntal durian, duri-durinya justru mengembang dan membuat badan ikan tersangkut pada kerongkongan dan mulut hiu,” jelas Arthur seperti dikutip dari Live Science, Jumat (1/212/2017).

    Hiu sebenarnya juga memiliki kemampuan untuk memuntahkan kelebihan makanan yang dikonsumsi atau makanan yang tidak dapat dicerna. Hal ini seperti yang tertulis dalam jurnal Florida Scientist yang terbit 2011.

    Bahkan menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2005 di Journal of the Marine Biological Association of the United Kingdom, dalam kasus yang ekstrim, hiu bisa mengeluarkan isi perut yang disebut sebagai eversi.

    Namun, kemampuan hiu untuk memuntahkan makanan itu sia-sia dalam kasus memangsa ikan landak ini. Sebab, badan ikan keburu mengembang sehingga memblokir aliran air melalui ruang insang hiu dan menyebabkan hiu mati tercekik.

    Dikarenakan, keterbatasan alat, Arthur tidak bisa menganalisis hiu yang mat Sumber: Kompas

  • in

    Cewek ini Pacaran di Facebook, Foto Cowoknya di FB Sangat Tampan Saat Ketemuan Malah Bikin ‘Pingsan’

    Berkenalan hingga menjalin hubungan dengan seseorang di media sosial memang tidak ada salahnya. Namun pastikan, bahwa kamu sudah bertemu dengan orang tersebut. Karena terkadang, banyak pengguna yang justru memalsukan identitas maupun foto dirinya.

    Seperti lelaki yang mengaku-ngaku bernama Rian ini. Dengan memasang foto laki-laki berwajah tampan, dia pun berhasil memikat hati Anah Syakila, warga asal Kampung Lebuh RT 7, RW 001, Sangiangjaya Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak Banten.

    “Awalnya kenalan lewat Facebook, kemudian hubungan melalui WA (WhatsApp),” cerita Anah.

    Semenjak itu, komunikasi antara mereka terus terjalin. Namun karena jarak mereka jauh, karena Rian tinggal di Tuluangung, mereka pun tidak bisa bertemu meski telah berpacaran selama satu tahun.

    Hingga akhirnya, waktu yang ditunggu-tunggu telah tiba.

    Aneh berniat menemui kekasihnya itu di Tulungagung lantaran sang kekasih mengaku sakit dan ingin dirawat Anah.

    “Awalnya dia terus menyuruh saya datang ke Tulungagung, tapi saya tolak. Saya maunya dia yang jemput saya. Tapi karena dia mengaku sakit saya akhirnya berangkat,” ungkap Anah.

    Anah berangkat, setelah Rian berjanji mengganti ongkos transportasi dan akan mengantarnya pulang, sebagaimana dilansir Surya.co.id.

    Anah pun akhirnya tiba di Tulungagung dengan menggunakan kereta api.

    Sesampainya di sana, Rian memberi arahan agar naik ojek ke Perempatan Cuiri, di Kecamatan Kauman dan berjanji akan menjemput Anah di lokasi tersebut.

    Begitu Rian datang, hati Anah yang awalnya berbunga-bunga pun langsung terkoyak.

    Betapa tidak, sosok tampan Rian yang selalu ia lihat di ponselnya ternyata tidak sesuai dengan faktanya.

    via: tribunnews.com

    Anah yang merasa ditipu lantas melapor ke Mapolsek Pagerwojo.

    Setelah dilacak melalui akun Facebook, polisi akhirnya berhasil menemukan sosok di balik nama Rian.

    Adalah Xiply Diggter alias Sugeng, warga Desa Segawe, Kecamatan Pagerwojo.

    “Kalau dibanding fotonya Rian, wajahnya sangat jauh. Jauhlah dari kesan ganteng,” kata petugas Polsek Pagerwojo, Bripka Dani Aristanto.

    Sugeng telah dipanggil ke Mapolsek Pagerwojo, namun ia tidak dijerat hukuman hanya diminta untuk mengganti uang tiket Anah.

    Namun jika Sugeng mengulangi perbuatannya, polisi akan mengambil tindakan hukum. (palingseru)

  • in

    Cewek ini Pura-Pura Pingsan Saat Kena Tilang, Endingnya Berakhir Lucu!

    Tingkah aneh pengendara ketika kena tilang memang bermacam-macam.

    Berbagai trik dilakukan agar tidak ditilang oleh polisi dan justru menjadi hal unik yang menarik perhatian netizen.

    Banyak kasus serupa terekam dan menyebar di Internet, seperti pria yang mengaku polisi dan pria yang pura-pura bisu.

    Namun, pada akhirnya trik tersebut malah ketahuan, sama halnya dengan trik yang dilakukan oleh gadis ini.

    Dilansir Grid.ID, melalui akun Facebook Yuni Rusmini dibagikan video yang diunggahnya Selasa (14/2/2018).

    Dalam video yang diunggahnya tersebut terlihat seorang anak gadis tengah pingsan berhadapan dengan polisi.

  • in

    Heboh Istri Labrak Pelakor Muda, Suami Malah Belain Sang Pelakor, Dipeluk Lagi!!

    Sebuah video yang merekam seorang istri melabrak gadis muda beredar di media sosial.
    Video ini viral setelah diunggah pemilik akun Facebook Eris Riswandi, Senin (12/2/2018).

    Rekaman itu menunjukkan suasana keributan di sebuah rumah.

    Keributan itu diduga terjadi di kediaman wanita terduga pelakor, Nupus.

    Nupus diketahui sebagai gadis muda yang mengenakan pakaian dan penutup kepala warna biru dalam video.

    Dalam video rupanya menunjukkan Nupus sedang dilabrak seorang istri (mengenakan pakaian biru langit dalam video).

    Seorang istri ini awalnya datang ke kediaman Nupus untuk menyelesaikan masalah secara baik-baik.

    Wanita ini ingin menanyakan dan meminta kejelasan soal kedekatan Nupus dengan suaminya.

    Niat baik itu rupanya tak disambut baik oleh Nupus.

    Pertikaian pun tak terhindarkan.

    Apalagi ketika suami dari wanita ini datang dan malah membela Nupus.
    Lelaki yang diduga selingkuh itu sempat dihakimi oknum warga tapi respon mengejutkan malah ditunjukkan Nupus.

    Nupus malah datang memeluk bermaksud melindungi pujaan hatinya tersebut.

    Melihat tindakan Nupus kepada suaminya, seorang istri yang tak disebutkan identitasnya ini makin dibuat kesal.
    Ia menangis seperti yang terekam di akhir video.

    “Pelakor dilabrak istri sah, dateng suaminya malah belain pelakor.
    Nah gimana coba???

    Pelakor jaman now emang lebih galak dari istri sah, sama kaya orang yang minjem duit lebih galak dari yang di pinjemin pfffff.” tulis Eris Riswandi untuk video ini.

    Sejak diunggah video ini langsung mencuri perhatian netizen .

    Video ini telah disaksikan sebanyak 24 ribu dan sudah dibagikan sebanyak 359 kali hingga Senin sore.

    Netizen yang melihat video ini mengaku geram.

    Apalagi sang pelakor memeluk suami orang di depan istrinya.

    Lala Nurlayla Permana: “Diiih… Gak punya malu… Peluk2 laki orang di depan istri sah dan banyak orang gitu… Abis dilabrak, bukannya malu… Kaya nggak laku aja.”

    Siska Panjaitan: “pasti sakit kali hatinya yg istri sah itu ya ,dia cantik ,suaminya jelek ,selingkuh pulak sama ikan dungo”

    Dheesy Quensadewa: “ngga tau malu bgt, cakepan jg istri sah’a..”

    PEnasaran dengan Videonya Bisa Lihat disini (news.hellonusa.com)

  • in

    Masih Ingat Sandrina IMB, Gini Nih 10 Penampilan Terbarunya Setelah Udah Gede. Mirip Barbie

    IMB (Indonesia Mencari Bakat) merupakan salah satu ajang pencarian bakat yang fenomenal di Tanah Air. Sebab, di ajang pencarian bakat ini banyak menghadirkan para kontestan dengan bakat supernya masing-masing.

    IMB berjalan dalam empat musim dan banyak menghasilkan artis-artis berbakat. Salah satunya adalah Sandrina Azzahra. Kontestan yang menampilkan bakat menarinya dan mendapatkan juara 1 di IMB musim 3 ini sekarang sudah tumbuh menjadi gadis yang cantik lho.

    Bahkan penampilannya kini dinilai secantik Barbie. Nggak percaya? Yuk pantengin foto-fotonya di bawah ini yang dihimpun dari today.line.me.

    1.Ini penampilan Sandrina di IMB 3 dulu.

    via: today.line.me

    2.Penampilannya selalu memukau hingga membuatnya dia keluar sebagai juara pertama.

    via: today.line.me
  • in

    Tahukah Kamu Inilah Manfaat Melamun atau Bengong Untuk Kesehatan

    Hobi melamun alias bengong sering mendapat cap negatif dari orang sekitar. Katanya, orang melamun tandanya malas atau kurang kerjaan.

    Bengong juga sering dikaitkan dengan “risiko” kesurupan roh jahat.

    Nah, lain kali ada orang yang menuding Anda sedang malas-malasan karena melamun di jam kerja,

    Anda bisa berbangga hati dan tunjukkan artikel ini.

    Banyak studi yang menunjukkan bahwa manfaat melamun itu baik untuk kesehatan otak kita.

    Apa yang terjadi dalam otak ketika kita sedang bengong?Bengong itu sebenarnya sangat umum dilakukan banyak orang.

    Sebuah penelitian di University of Oregon, Amerika Serikat membuktikan bahwa disadari atau tidak, sebagian waktu kita dihabiskan dengan melamun ria.

    Bahkan 50 persen dari waktu kita seharian bisa diisi dengan khayalan yang melayang ke mana-mana.Jika didefinisikan, melamun atau bengong adalah kondisi terputusnya pikiran dan alam sadar seseorang dengan lingkungan sekitar yang digantikan oleh khayalan visual.

    Ini karena beberapa bagian otak tertentu bisa diaktifkan secara bergantian di luar kendali Anda.Bentuk jaringan yang digunakan otak saat bengong dinamakan default-mode.

    Sementara jaringan saat Anda mengambil keputusan penting disebut executive control.

    Jaringan otak yang aktif untuk bereaksi terhadap rangsangan dalam situasi tertentu dikenal sebagai salience.Ketika Anda lupa diri dan akhirnya melamun, jaringan default-mode akan aktif mengambil alih dua jaringan lainnya.

    Akibatnya dalam kondisi bengong, aktivitas otak untuk berkonsentrasi, mencerna informasi baru, menghafal, menghitung, dan membuat keputusan akan dimatikan untuk sementaraBeragam manfaat melamun untuk kesehatan tubuh dan pikiranSetiap aktivitas otak memiliki fungsi dan manfaatnya tersendiri. Lantas, apa manfaat melamun untuk kesehatan kita?

    1. Melepas stres

    Tanpa disadari, stres membuat Anda bernapas singkat dan dangkal. Pernapasan dangkal menyebabkan otak dan paru-paru tidak mendapatkan cukup udara beroksigen. Akibatnya, Anda jadi sesak napas. Reaksi panik dan ketidaknyamanan karena tidak bisa bernapas normal kemudian membuat tingkat stres, tekanan darah, dan kecemasan Anda makin menjadi-jadi.Mengosongkan pikiran ketika bengong tanpa disadari membuat Anda jadi bernapas lebih teratur. Pasalnya ketika otak bengong alias berada dalam fase default-mode, otak akan beristirahat dari apapun yang harus dipikirkan untuk sementara. Itu sebabnya bengong bisa dibilang bentuk lain dari meditasi. Melamun bisa membantu pikiran Anda lebih rileks.Pada akhirnya, pikiran yang lebih rileks dan terjauhkan dari stres membuat mood Anda jadi lebih baik secara keseluruhan.

    2. Sebagai sesi bercermin

    Sebuah studi menunjukkan bahwa melamun dapat membantu otak Anda merekap ulang apa yang telah Anda alami dan perbuat sepanjang hari tadi. Melamun di tengah bolong dapat Anda jadikan sesi untuk refleksi diri agar Anda lebih mawas diri terhadap situasi dan orang lain.Dengan kata lain, manfaat melamun secara tidak langsung dapat memacu diri untuk memperbaiki diri, lebih berpikiran terbuka, dan berempati dengan orang-orang di sekitar Anda.

    3. Mempertajam daya ingat

    Sebuah studi yang dipublikasikan di Psychological Science menemukan adanya hubungan antara melamun dengan ketajaman daya ingat. Studi tersebut menemukan bahwa aktivitas melamun memungkinkan otak untuk mempertahankan dan mengingat informasi.Saat bengong, otak sebenarnya sedang menyimpan berbagai informasi ke dalam memori jangka panjang. Hal ini tak bisa dilakukan oleh otak jika Anda sedang disibukkan dengan berbagai kegiatan seperti bekerja, belajar, atau berbicara dengan orang lain.Saat memasuki default-mode, gelombang elektrik dalam otak akan berkurang sehingga Anda memasuki masa tenang. Inilah waktu yang tepat untuk menyimpan memori. Maka, biasanya orang yang sering bengong justru memiliki daya ingat yang lebih baik.

    4. Lebih cepat menyelesaikan masalah

    Percaya atau tidak, melamun justru membantu mengasah otak untuk menyelesaikan masalah dengan lebih efektif. Studi yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) tahun 2009 menunjukkan bahwa bagian otak yang mendorong Anda untuk menyelesaikan masalah rumit akan menjadi lebih aktif ketika Anda melamun. Kok bisa? Bukannya saat melamun, kita justru sengaja tidak memikirkan hal-hal yang terkait dengan pekerjaan?Ternyata ketika dalam keadaan bengong, fungsi kognitif otak justru meningkat. Sebuah eksperimen yang diprakarsai oleh Bar-Ilan University di Israel meminta partisipan penelitian untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu yang ada di layar komputer. Hasilnya, mereka yang mengerjakan pekerjaan tersebut sambil diselingi lamunan beberapa kali kinerjanya justru lebih baik daripada mereka yang berkonsentrasi penuh sepanjang sesi tersebut. Ini berarti kebiasaan bengong justru membantu Anda bekerja dengan lebih produktif dan efektif.Seperti yang sudah dijelaskan di atas, manfaat melamun juga sebagai bentuk meditasi untuk membantu mengendalikan arah pikiran dan membuat Anda fokus. Hal ini juga dikuatkan oleh penelitian yang dipublikasikan di Psychological Science pada tahun 2010. Otak Anda pun akan lebih jernih dalam menentukan prioritas.

    5. Meningkatkan kreativitas

    Melamun identik dengan orang yang kurang kerjaan. Eits, tunggu dulu. Anggapan ini sebenarnya salah besar, lho! Siapa dari Anda yang pernah mendapat wangsit ide-ide hebat ketika sedang bengong di kamar mandi atau di perjalanan menuju kantor?Justru ketika bengong, otak sedang bekerja keras untuk memikirkan berbagai cara memecahkan masalah. Ketika Anda sedang melakukan tugas ringan yang tidak butuh banyak konsentrasi, misalnya mandi atau jalan kaki sambil mendengarkan musik, otak akan segera masuk ke dalam default-mode. Dalam kondisi ini, Anda pun jadi lebih tenang dan santai. Dengan begitu, Anda pun jadi bisa melihat suatu masalah dengan sudut pandang yang berbeda karena Anda tidak merasa terdesak atau tertekan untuk buru-buru menyelesaikannya. Anda pun jadi bisa mencari solusi kreatif terhadap persoalan tertentu, yang mungkin tak akan terpikir oleh Anda dalam keadaan sadar sepenuhnya.Sebuah studi yang dimuat dalam Creativity Research Journal bahkan menemukan bahwa melamun juga meningkatkan kreativitas pada anak-anak. Studi tersebut menemukan bahwa melamun dapat menjadi jembatan untuk mengeksplorasi minat dan bakat anak, seperti menggambar dan membaca. Artikel dalam National Geographic tahun 2013 juga menyebutkan bahwa melamun dapat mengaktifkan bagian tertentu dari otak anak yang membuatnya lebih leluasa mengakses informasi yang sebelumnya tidak terjangkau.Meski manfaat melamun baik untuk kesehatan otak, jangan kelamaan bengong, ya! Ingat bahwa pekerjaan Anda masih menunggu untuk diselesaikan.

  • in

    Awas! ‘Super Blue Blood Moon’ Punya Risiko, Hati-hati terhadap Akibatnya, Ini Penjelasannya

    Fenomena gerhana bulan total ‘Super Blue Blood Moon’ pada akhir Januari mendatang dikatakan akan dapat dilihat jelas oleh masyarakat Indonesia.

    Fenomena gerhana bulan langka akan terjadi pada 31 Januari dan akan berlangsung selama 5 jam 20,2 menit, tepatnya dari pukul 17.49 WIB hingga 23.09 WIB.

    Proses gerhana ini akan dapat diamati dari Indonesia secara jelas.

     Meski demikian, keindahan bulan malam itu patut diwaspadai.

    Khususnya untuk transportasi di pelabuhan dan pesisir, serta aktivitas pertanian yang dapat terganggu.

    Melansir dari Kompas.com, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati berkata bahwa posisi bumi yang berada segaris dengan matahari dan bulan mengakibatkan gravitasi bulan dan matahari terintegrasi.

    Akibatnya pasang air laut menjadi maksimal.

    “Pasang air laut mencapai 1,5 meter, meski juga dapat terjadi air laut surut 100 sampai 110 sentimeter pada tanggal 30 Januari hingga 1 Februari 2018,” kata Dwikorita di kompleks gedung BMKG, Jakarta, Senin (29/1/2018).

    Perubahan muka air laut tersebut akan terjadi di sejumlah tempat.

    Antara lain di Sumatera Utara, Sumatera Barat, selatan Lampung, utara Jakarta, utara Jawa Tengah, utara Jawa Timur, dan Kalimantan Barat.

    “Kami minta untuk diwaspadai karena fenomena super blue blood moon dapat mengganggu transportasi akibat adanya rob atau pasang maksimum, dan juga dapat mengganggu aktivitas petani garam, perikanan darat serta kegitan bongkar muat di pelabuhan,” jelas Dwikorita.

    Selain itu, perkiraan cuaca BMKG mendapati adanya potensi hujan sedang hingga lebat sejak Senin (29/1/2018) hingga Sabtu (3/1/2018) di 21 Provinsi di Indonesia.

    Hal ini terjadi karena selisih tekanan udara antara darata Asia dan Australia.

    Tekanan udara tinggi yang ada di belahan bumi utara seperti di daratan Asia akan bergerak menuju Australia.

    Hal ini menyebabkan sejumlah wilayah Indonesia terlewati aliran udara dingin yang terakumulasi di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan.

    Hujan lebat juga akan disertai dengan kecepatan angin tinggi berkisar antara 25 knots (35 kilometer per jam) hinga 35 knots (70 km per jam).

    Peristiwa ini kemungkinan terjadi di Laut Jawa, Samudra Hindia selatan Pulau Jawa, Selat Sunda, perairan utara Jawa Tengah, perairan utara NTB hingga NTT, perairan utara Pulau Jawa.

    Hujan lebat di hulu ditambah pasang air laut akan menghambat laju kecepatan genangan air hujan masuk ke laut.

    Potensi genangan air hujan, rob, dan longsor menjadi hal yang perlu diwaspadai.

    “Waspadai hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon dan baliho tumbang. Jika hujan disertai kilat dan petir sebaiknya tidak berlindung di bawah pohon. Kewaspadaan juga perlu ditingkatkan bagi pengguna kapal ukuran kecil. Menunda penangkapan ikan secara tradisional hingga gelombang tingi mereda,” pesan Dwikorita.

    Sebelumnya, menurut penjelasan Dwikorita terkait peta gerhana bulan total 31 Januari di Indonesia, ada tujuh fase gerhana bulan yang akan terjadi.

    “Fase-fasenya adalah gerhana mulai (P1), gerhana sebagian mulai (U1), gerhana total mulai (U2), puncak gerhana, gerhana total berakhir (U3), gerhana sebagian berakhir (U4), dan gerhana berakhir (P4),” kata Dwikorita.

    “Sebagaimana terlihat pada peta, keseluruhan proses gerhana dapat diamati di Samudera Pasifik, serta bagian timur Asia, Indonesia, Australia, dan barat laut Amerika,” tambah Dwikorita.

    Di Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan seluruh provinsi Sumatera, fase P1 dan U1 akan dapat terlihat jelas karena terjadi tepat di atas wilayah-wilayah tersebut.

    Selain di timur Asia, gerhana bulan langka kali ini juga dapat disaksikan di bagian barat Asia, Samudera Hindia, bagian timur Afrika, dan bagian Timur Eropa.

    “Pengamat di bagian barat Eropa, sebagian besar Afrika, Samudera Atlantik, dan bagian selatan Amerika tidak akan dapat mengamati keseluruhan proses gerhana,” kata Dwikorita.

    Gerhana bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi, sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

    Sebelumnya, gerhana bulan total yang sama pernah terjadi 18 tahun lalu, tepatnya pada 21 Januari 2000.

    Gerhana serupa akan muncul lagi dalam jangka waktu yang sama di masa mendatang, yaitu 11 Februari 2036.

    Sumber: Tribunstyle

Load More
Congratulations. You've reached the end of the internet.